Informasi Tentang Listrik Prabayar

February 21, 2011 Posted by admin

Listrik pra bayar merupakan layanan baru dari PLN untuk pelanggan dalam mengelola konsumsi listrik melalui meter elektronik prabayar. Dengan listrik prabayar, pelanggan bisa lebih mudah mengoptimalkan konsumsi listrik, disamping itupelanggan tidak perlu berurusan dengan pencatatan meter setiap bulan, dan tidak perlu terikat dengan jadwal pembayaran listrik bulanan. Karena persediaan kWh dapat ditambah berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Latar belakang diluncurkannya program ini sebagai wujud komitmen PLN untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan dengan berbagai bentuk inovasi. Selama ini banyak pelanggan mengeluhkan mengenai pencatatan meter, jumlah tagihan yang tidak menentu setiap bulan, banyak pula keluhan mengenai tagihan listrik di rumah kontrakan/kos. Dengan adanya Listrik Pra Bayar pelanggan dapat dengan mudah mengendalikan pemakaian listriknya sesuai dengan kebutuhan.

Banyak manfaat yang didapat oleh pelanggan dengan adanya program prabayar ini, antara lain :

1. Pelanggan dapat dengan mudah memantau pemakaian listriknya setiap saat
2. Pelanggan dapat mendisiplinkan diri sendiri untuk menggunakan listrik sesuai anggaran belanja
3. Pelanggan tidak lagi berurusan dengan pencatat meter dan jadwal pembayaran setiap bulan
4. Pelanggan dapat membeli token (isi ulang energy listrik) di payment point, ATM dengan jaringan yang luas dan outlet-outlet PPOB
5. Tidak ada istilah menunggak
6. Privasi pelanggan tidak terganggu
7. Tidak dikenakan Uang Jaminan Langganan
8. Pelaksanaan penyambungan cepat

Listrik Pra bayar ini dapat dinikmati oleh pelanggan PLN tegangan rendah di seluruh wilayah Jawa Timur mulai awal bulan Desember 2009. Untuk pengajuan pemasangan listrik pra bayar pelanggan dapat datang ke loket pelayanan PLN dengan proses sebagai berikut :

1. Calon pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP dan sket lokasi
2. Penerbitan surat persetujuan
3. Pelanggan menyampaikan Sertifikat Laik Operasi (SLO)
4. Calon pelanggan membayar biaya penyambungan dan token perdana
5. Calon pelanggan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL)
6. Petugas PLN melaksanakan penyambungan

Catatan : Listrik prabayar ini bukan hanya untuk pelanggan pasang baru, namun pelanggan pasca bayar (existing) pun dapat mengajukan migrasi dari pasca bayar ke prabayar.

1. Pembelian Token dapat diperoleh di payment point yang telah bekerja sama dengan PLN, yaitu :
2. BANK BUKOPIN
3. BPR KS (Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya)
4. PT POS Indonesia
5. BNI
6. BRI

TOKEN
TOKEN adalah kode yang di masukkan ke Meter Listrik Pra Bayar sehingga dapat menyalurkan sejumlah listrik (kWh) tertentu ke instalasi konsumen. Token terdiri dari 20 (dua puluh) angka yang bersifat unik, hanya untuk nomor meter Prabayar tertentu.

1. Nilai token terdiri dari unsur kWh, PPJ dan Materai.
2. Token memiliki berbagai pilihan nilai tertentu : Rp. 20.000,- Rp 50.000,- Rp. 100.000,- Rp 250.000,- Rp 500.000,- Rp. 1.000.000,- dan pelanggan pada saat membeli token dapat memilih nilai nominal sesuai dengan yang dikehendaki seperti tersebut diatas.
3. Token tidak memiliki expired date (kadaluawarsa)

Sumber: pln-Dist Jatim

Comments are closed.

  • INFO LAYANAN

  • ONLINE STATUS

    Marketing
    :


    Customer Service
    :


    Help Desk
    :



    Komplen / Informasi setoran saldo

    081 554 278 689 sms only
  • BANK PT ASIA HEROSIMA



    a/n PT. ASIA HEROSIMA

    Acc. 0011-01-000585-30-4



    a/n ASIA HEROSIMA PT

    Acc. 0177486532